Mencipta Lagu tidak terlalu sulit. Kalau yang sungguh tahu tekniknya, dapat membuahkan puluhan suara baru tiap hari. Peri utamanya merupakan menemukan tengok yang pas. Untuk hal itu bantuan para penyair benar dibutuhkan.

Menggelar lagu dimulai dengan menghiraukan motif melodi, lalu mengembangkannya. Ada padat teknik mengembangkan. Kim Lajoie menyarankan saya untuk mengembangkan melodi secara cara: duplikasi - variasi. Ulang karakter melodi kira-kira kali dengan beberapa variasi yang bertentangan. Lalu untai menjadi satu kalimat melodi. Bagian ini yang susah. Bagian berikut membutuhkan banyak latihan supaya lagu bukan berbunyi jarang. Guru yang benar mau sangat menyebarkan untuk menyemaikan ketrampilan berikut.



Masalah superior bagi arranger bukanlah menggelar lagu. Namun demikian mencipta Lagu yang serasi dengan liriknya. Banyak Lagu dibuat beserta tidak mengindahkan liriknya, jadi terdengar absurd waktu dinyanyikan. Pernahkah engkau mendengar longok yang 'maksa' masuk ke dalam sekar? Itu tercipta karena sekar dibuat menggunakan tidak mengindahkan lirik.

Sebenarnya mana yang lebih longgar? Melodi atau lirik? Tentu liriknya. Ramal yang menciptakan lagu ityu terkenal. Sebagus apapun melodinya, bila liriknya jelek, tunak dianggap 'buruk' oleh pendengar. Tetapi jika liriknya memukau, orang bakal mengingat Lagu tersebut, walaupun melodinya kurang bagus. Sadar lagu hits 'Cucakrawa'? Liriknya lah yang membuat Lagu itu termashur. Masih padat contoh yg lain.

Tetapi pereka lagu tenteram salah sewajarnya. Mereka menyarikan dulu melodinya, baru mencoba lirik yang tepat. Kekhilafan ini juga saya lakukan pada awal saya menyalut lagu. Ini adalah kekhilafan besar. Lagu-lagu saya yang ini terdengar memalukan masa ini...

Lirik diartikan sebagai nomor satu. Melodi lagu kudu menyesuaikan pribadi dengan tatap. Disinilah ketrampilan pencipta Lagu memainkan peranan penting. Buktikan dengar Lagu Bob Marley "No Women No Cry". Melodinya amat pas pada liriknya. Hiper- sekali! Pulih lagu "Do-Re-Mi" dari rekaman "The Sound of Music"? Lagu "Do-Re-Mi" lebih besar dari Lagu "Sound of Music" nya sendiri meski? Karena lirik dan melodinya sangat serasi!

Mencipta Lagu terlihat mudah memang. Tetapi mencipta Lagu yang sesuai lirik menginginkan ketrampilan luar biasa. Berlatih tetap akan membangun kita mencari ilmu mengembangkan ketrampilan ini. Berlatih di kolong bimbingan jongos yang http://ndxaka.com sah akan menyesuaikan waktu memahirkan kita.