Jadi comic/stand up comedian itu dari segi gue gak asal ngomong di depan platform terus cura terus bisa tepuk tangan. Kalau ngomong soal cura, Sule pun lucu. Stand up comedy gak pokok bikin tertawa penonton, tetapi juga ngasih pesan roh ke tanda. Sejauh berikut stand up comedian yang keren luar biasa yang sudah gue tonton itu Ge Pamungkas. Do'i stand up dua jam lebih, padat pesan roh yang disampaikan, gue pengin banget maka comic kayak dia, cuman kurang patut doang.

Akur wes, gak usah rutin basa-basi. Gue mau bagi-bagi tips kerjakan kamu yang pengin jadi stand up comedian, terutama yang mutakhir nyoba. Ternyata apa-apa gerangan, gue cuman pengin berbagi apa yang gue tau.

1. Tulis materi

Seluruh comic pasti tulis pokok, Pandji, Ernest Prakasa, Hamba juga nulis materi sebelum tampil. Tujuannya biar kita gak blank di untuk panggung, tau dimana target opening & kapan rencana closing. Segalanya bakal keliatan rapi bahwa materinya ditulis dulu.

Penuh comic baru yang gak nulis materi gara-gara mempunyai pemikiran bahwa stand up comedy hal itu asal ngelucu depan panggung. Stand up comedy itu beda tentu komedi lainnya.

2. Non try to be funny



Ini pun yang memisahkan stand up comedy menggunakan komedi yg lain, stand up comedy ini gak try to be funny (mencoba untuk lucu). Pake seragam badut, lempar-lempar tepung, dan sebagainya. Memang agaknya, biasanya kalau baru nyoba kemungkinan besar try to be funny, pra terlambat hamba saranin tan-. Bikin penonton ketawa kecoh apa yang kita omongkan, jangan ketawa gara-gara temperamen gak sungguh ada kita diatas panggung.

3. Jangan pakai materi orang-orang.

Materi mesti 100% imitasi sendiri, gak boleh ngambil punya comic yang udah ada / ngambil tatkala internet "Kumpulan cerita lucu" dll. Kemungkinan sama dengan materi manusia lain itu ada, kalau kata Raditya Dika, setara itu gak papa, asal gak disama-samain. Tapi, lamun ada yang bilang "Wah, materi lo sama pilau punya si Pandji". Engkau gak usah ngeyel, bikin materi trendi lagi, musnah cepet itu namanya.

4. Jadi bangun sendiri

Setau gue, comic yang tertinggi ditiru itu Raditya Dika, Kemal, Ge Pamungkas, Fico. Ditiru atas segi pokok, pembawaan, terpangkal mirip banget lah. Saran gue, tanpa niru sifat yang udah ada. Mulai lahir aku diciptakan berbeda-beda.

5. Non pernah puas



Kalau udah tulis peralatan, gak try to be funny, gak pakai pelajaran orang berbeda, jadi pribadi sendiri. Tanpa puas lepas, kita gak akan tahu belajar pada waktu kita tangkas merasa plong. Masih padat kekurangan yang perlu diperbaiki. Bisa jadi penampakan pertama terbagi, tapi gaya kedua sangar. Latih terus..

6. Banyakin jam tumpur

Ngelatih hal itu bisa tepat lagi pada kost, nyetir mobil, ataupun pas juga nongkrong di WC. Tetapi, jam tumbas itu terus-menerus bisa didapetin di platform openmic.

7. Ikut lingkungan itu butuh

Kalau pikir gue gerangan ikut penduduk itu tentu, kamu mampu gabung lingkungan stand up comedy pada kota dzawin kamu. Kalau hamba ikut dalam stand up Indo Penderitaan hehe. Tiru komunitas itu enak.